9 Tips Lolos Algoritma TikTok 2023 agar FYP

Algoritma TikTok

Memahami algoritma TikTok di tahun 2023 ini menjadi sangat penting jika kamu seorang pembuat konten TikTok yang ingin kontennya FYP. Ya, FYP singkatan dari “For Your Page”, merupakan istilah lain dari viral di sosial media TikTok.

Sebenarnya langkah-langkah agar kamu lolos dari algoritma TikTok 2023 dan konten kamu menjadi FYP tidaklah sulit. Hanya saja, kini jutaan orang menginginkan kontennya FYP juga, semua orang ingin viral, jadi video kamu harus bersaing dengan jutaan video lainnya setiap hari.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, TikTok sudah dibekali AI atau kecerdasan buatan yang memungkinkan video kamu untuk ditonton oleh orang-orang selama kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut ini 9 tips lolos algoritma TikTok agar konten anda FYP:

1. Buat first impression yang unik

Bagi kamu yang sedang ingin membangun citra di platform yang satu ini, maka kamu harus memberikan sebuah kesan yang unik bagi para pengguna.

Kesan pertama merupakan hal yang sangat penting agar para pengguna dapat tertarik dengan video yang kamu unggah nantinya.

Kesan pertama dapat diperoleh dari biodata kamu seperti foto profil kamu, username kamu, dan kolom deskripsi kamu.

Ketiga hal tersebut sangat menentukan seberapa uniknya kamu pada platform ini.

Misalkan saja, jika dilihat berdasarkan username, maka kamu akan jauh lebih berpeluang untuk viral jika kamu menggunakan username yang pendek dan mudah diingat orang.

Foto profil kamu juga menentukan uniknya kamu, begitu juga dengan kolom deskripsi kamu. Berikanlah deskripsi yang lucu dengan memberikan beberapa kata-kata humor, atau quotes yang sesuai dengan topik video yang akan kamu unggah nantinya.

2. Manfaatkan kekuatan hashtag

Kekuatan hashtag sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika kita bicara mengenai TikTok.

Beberapa artikel saya sebelumnya mengenai tips-tips TikTok marketing setidaknya mengulas secara sekilas mengenai hashtag dan hashtag challenge.

Bahkan, salah satu tips marketing yang saya berikan adalah membuat hashtag challenge yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Salah satu jalan agar kamu bisa FYP pun juga bisa melalui hashtag yang kamu sertakan pada posting-an kamu. Hashtag benar-benar dapat membuat diri kamu lebih cepat FYP, jauh lebih cepat daripada yang kamu bayangkan, asalkan jika kamu menggunakan hashtag tersebut tepat pada waktunya.

Ada beberapa hashtag yang harus dimaksimalkan agar setidaknya video kamu muncul di FYP, yaitu hashtag #Foryou, #ForYouPage, dan #FYP.

Salah satu dari ketiga hashtag ini harus kamu berikan dalam konten kamu jika video kamu ingin cepat masuk FYP.

Selain itu juga, kamu akan lebih mungkin viral jika kamu menggunakan hashtag yang sedang ngetren saat itu juga. Kamu dapat melihat hashtag yang sedang ngetren di halaman Discover kamu, dan kamu akan melihat hashtag yang ditandai dengan ikon api merupakan hashtag yang sedang ngetren saat itu.

3. Ikuti trend yang sedang ada

Poin ini sangat erat kaitannya dengan poin kedua mengenai kekuatan hashtag. Pasalnya, beberapa hal yang menjadi trending di platform ini disebabkan karena adanya hashtag yang semakin banyak digunakan orang. Hashtag tersebut semakin populer, semakin mendapat banyak likes, dan membuat lebih banyak lagi orang yang menggunakan hashtag tersebut pada kontennya.

Kamu pun juga bisa mengikuti challenge yang sedang ngetren, atau kamu juga bisa membuat video apapun yang berkaitan dengan apa yang menjadi trending saat itu.

Misalkan, jika hari ini sedang ramai membahas tentang bibir ombre, maka kamu akan lebih berpeluang besar untuk viral jika kamu membuat makeup tutorial asli dari kamu sendiri tentang bagaimana cara membuat bibir ombre tersebut.

Intinya, ikuti apa saja yang sedang ramai saat itu. Karena setiap hal yang ngetren selalu berubah setiap waktunya, maka akan jauh lebih baik jika kamu sesering mungkin mengecek halaman Discover kamu untuk mengetahui hashtag dan challenge apa yang sedang viral.

Dengan begitu, maka kamu akan lebih update terhadap apa yang sedang populer, dan kamu pun juga bisa menjadi populer gara-gara ikut ambil bagian terhadap apa yang sedang populer saat itu.

4. Gunakan lagu yang sedang hits

Dalam media berbasis visual, terutama video, lagu merupakan salah satu unsur penting dalam memperindah video kamu. Salah satu caranya agar kamu dapat lebih cepat viral yaitu dengan menambahkan lagu yang memang sedang ngehits atau yang viral juga saat itu.

Untuk mencari lagu yang sedang ngehits tersebut, kamu dapat melihat beberapa peringkat musik dari berbagai lembaga musik seperti Billboard Music Charts atau Rolling Stone Music Charts.

Kamu pun juga bisa mengetahui lagu yang sedang hits di halaman Discover pada TikTok juga. Nah, dengan kamu mengetahui lagu apa yang sedang berada pada peringkat tertinggi, maka kamu dapat menggunakan lagu tersebut ke dalam video kamu, dan membuat video kamu lebih cepat FYP.

5. Buat caption yang membuat para penonton penasaran

Kamu perlu mengetahui bahwa media sosial yang satu ini bukan merupakan microblogging platform, berbeda dengan Facebook.

Jika kamu ingin membuat semacam microblog pada media sosial ini, maka buatlah dalam bentuk video yang visually attractive menurut banyak orang.

Kamu melakukan hal yang salah jika kamu menjadikan caption sebagai microblog kamu.

Hal ini perlu kamu ketahui karena salah satu hal yang dapat membuat kamu lebih cepat viral adalah adanya caption yang disertakan dalam video kamu.

Sebaiknya, caption yang ditampilkan merupakan caption yang pendek dan tidak lebih dari satu kalimat. Misalkan saja, kamu ingin membuat video yang bersambung dan membentuk satu serial yang unik dari kamu. Kamu bisa saja membuat caption berupa “Part 1” pada video perdana kamu. Cukup menulis “Part 1” dan ditambah dengan berbagai hashtag yang relevan dengan video kamu, maka itu sudah membuat orang cukup penasaran dengan konten apa yang kamu ingin unggah kedepannya.

Atau jika kamu seorang influencer yang sedang berkolaborasi dengan influencer atau public figure lainnya, maka kamu bisa menampilkan sedikit bahan kolaborasi kamu dengan caption “Coming Soon….”. Dengan begitu, orang akan terus mengikuti perkembangan akun kamu agar dapat mengetahui bentuk kolaborasi apa yang sedang kamu jalankan.

Kamu juga bisa menambahkan caption yang agak sedikit nyeleneh atau agak sedikit tidak “nyambung” dengan video kamu. Lauren dari Voyage & Venture pernah menyebutkan bahwa ia pernah membuat video tentang bagaimana cara menyeberang perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada, namun pada caption tersebut, ia menyebutkan tentang bagels. Tiba-tiba saja, orang yang menontonnya “salah fokus” dengan makanan bagels-nya daripada cara menyeberang perbatasan. Dengan begitu, orang lebih banyak yang berkomentar soal bagels-nya, dan membuat videonya menjadi lebih viral.

6. Buat video yang unik dan berbeda dari TikToker kebanyakan

Kreativitas menjadi nyawa yang penting bagi kamu yang ingin menjadi TikToker.

Karena sudah banyak sekali orang yang mengunggah video yang sangat kreatif di TikTok, maka kamu pun juga harus membuat video yang khas dan kreatif berasal dari pikiran kamu sendiri.

Orang akan lebih suka menonton video yang unik dan belum pernah diunggah oleh orang lain. Setidaknya, jika pernah diunggah oleh orang lain pun, kamu menambahkan modifikasi dari video orang lain tersebut.

Dengan begitu, orang akan menyukai video kamu, karena kamu menampilkan sesuatu yang berbeda dari para TikToker pada umumnya. Dalam membuat video, sebaiknya sajikan suatu hal yang relatable dan memberi inspirasi bagi kebanyakan orang.

Atau, kamu juga bisa membuat video yang agak kontroversial, atau video yang agak terkesan konyol. Mengunggah video agak kontroversial akan membuat video kamu menjadi bahan perbincangan yang hangat antara sesama penonton kamu.

7. Unggah video sesering mungkin

Salah satu faktor keviralan dari suatu video dapat dilihat dari jumlah video yang kamu unggah. Semakin sering kamu mengunggah konten, maka semakin besar pula kemungkinan kamu menjadi FYP.

Sebaiknya kamu dapat mengunggah satu video setiap harinya. Akan jauh lebih baik jika kamu dapat mengunggah beberapa video dalam satu hari.

Jika kamu bingung mengenai jam berapa sebaiknya kamu mengunggah video, maka kamu dapat mengecek pada jam berapa follower kamu kebanyakan aktif. Kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan menu analytics yang sudah ada di TikTok. Dari sana, kamu tinggal cek follower activity kamu. Berikut ini merupakan contoh tampilan follower activity.

Algoritma Tiktok FYP
Follower Activity

Dari contoh kurva follower activity di atas, maka kamu dapat melihat bahwa kebanyakan follower kamu aktif pada pukul 02.00-03.00, dan pada pukul 19.00-23.00. Dari kurva ini, maka akan jauh lebih baik jika kamu mengunggah konten pada pukul 2 pagi, atau pada pukul 10 malam. Hindari sebisa mungkin untuk mengunggah konten pada pukul 10 pagi atau sekitar 10.30.

Selain kamu mengunggah video saat follower kamu paling aktif, maka kamu pun juga bisa mengunggah video saat jam-jam sibuk atau yang biasa disebut dengan prime time. Jam ini merupakan jam dimana para TikToker di negara tersebut yang paling aktif dan paling banyak menggunakan aplikasi ini. Khusus di Indonesia sendiri, biasanya prime time TikTok adalah pada pukul 12.00-13.00, 16.00-17.00, dan 19.00-23.00.

8. Lakukan interaksi dengan penonton kamu

Umumnya, para pengguna media sosial akan jauh lebih senang jika public figure yang mereka follow selalu membalas komentar dari para penontonnya.

Hal ini pun juga berlaku sama di media sosial yang satu ini, orang akan senang berkomentar di unggahan kamu jika kamu sering membalas komentar dari orang lain.

Usahakan agar kamu dapat membalas semua komentar yang kamu dapat dari konten kamu. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu membalas komentar tersebut dengan suatu statement yang membuat orang lebih penasaran lagi dengan konten kamu selanjutnya.

Jika kamu mendapat komentar berupa pertanyaan yang berpotensi menimbulkan spoiler, seperti bertanya mengenai hal apa yang kamu ingin unggah kedepannya, sebaiknya kamu jangan serta merta langsung menjawab pertanyaan tersebut dengan satu statement yang jelas.

Kamu cukup balas saja pertanyaan-pertanyaan seperti itu dengan kata-kata seperti, “Lihat saja nanti ya….” atau “Wah, belum tahu nih, yang penting kamunya stay tuned terus ya….!” Dengan begitu, penonton kamu akan jauh menghargai kamu, karena pertanyaannya sudah direspon, walaupun responnya tidak sesuai dengan apa yang penonton tersebut harapkan. Kamu pun juga bisa mempertimbangkan saran dari penonton kamu seperti “Kak, bikin tutorial cara bikin brownies tanpa telur dong….” atau “Kak, keren banget deh, video lip-sync-nya, bikin dong kak yang kayak gini lagi sama influencer A.”

Dari masukan seperti ini, maka kamu pun tidak bingung saat menentukan konten apa yang kamu ingin unggah. Usahakan agar setiap masukan dapat kamu tampung dan benar-benar menjadi bahan konten kamu selanjutnya, agar penonton kamu pun senang memberi saran lagi kepada kamu karena sarannya diterima oleh kamu.

9. Lakukan kolaborasi dengan TikToker lain

Kepopuleran kamu juga cukup besar dipengaruhi oleh adanya orang lain yang terkenal yang juga ikutan ngonten bareng kamu. Berkolaborasi dengan influencer, public figure, atau TikToker lain juga bisa membuat kamu lebih besar peluangnya menjadi viral.

Apalagi ditambah dengan kamu yang berkolaborasi dengan public figure yang juga sedang viral, bisa saja tuh kamu seketika menjadi viral juga karena kamu nimbrung dengan public figure tersebut.

Beberapa bentuk kolaborasi yang kamu ciptakan dapat berupa video duet, dimana kamu bernyanyi satu lagu dengan kreator lain. Atau bisa saja kamu membuat video react, dimana kamu membuat respon atau reaksi dari sebuah video dari kreator lain.

Kamu pun juga bisa melakukan sebuah challenge bersama-sama dengan TikToker lain. Dengan kamu melakukan hal seperti ini, maka exposure dari video kamu dapat semakin meningkat. Jika kamu membuat konten-konten kreatif seperti ini, maka kamu dapat mencuri perhatian lebih banyak orang lagi melalui konten kamu tersebut.

Itulah 9 tips yang bisa kamu coba agar kamu lolos dari algoritma TikTok tahun 2022 dan membuat kamu lebih berpeluang besar menjadi viral atau FYP.

Exit mobile version