Siapa Blogger Pertama di Dunia

Penampakan Blog pertama di dunia
Penampakan Blog Pertama di Dunia

Bagi anda yang gemar dengan dunia blogging, mungkin anda bertanya-tanya sejarah blog itu seperti apa sih? Dan siapa blogger pertama di dunia? Pada artikel kali ini, Ngoolie.id akan berbagi tulisan mengenai sejarah blog dan siapa blogger pertama di dunia.

Blogger pertama di dunia adalah Justin Hall. Ia membuat blog (waktu itu bahkan belum ada istilah blog) pada tahun 1994 saat ia masih di bangku kuliah.

Blog pertama di dunia yang dibuat oleh Justin Hall adalah Links.net. Blog yang berisi cerita pengalaman hidup dia sehari-hari, pikiran dia, dan juga berisi link-link website yang ia sukai. Sebuah media yang ia gunakan untuk publikasi hasil tulisannya sendiri, menjadi sebuah “Buku Harian Online” atau “Halaman Pribadi” nya. Sampai saat ini blog dari blogger pertama di dunia ini masih ada dan adalah sebuah bukti yang memberikan inspirasi banyak orang hingga saat ini.

Hingga tahun 1997, diciptakan istilah “weblog” oleh Jorn Barger, seorang pelopor blogger dari blog Robot Wisdom. Weblog merupakan istilah untuk menggambarkan proses “logging web” saat dia berselancar di Internet.

Tahun 1998 diketahui menjadi kejadian pertama munculnya blog pada situs berita tradisional ketika Jonathan Dube menulis blog Badai Bonnie untuk The Charlotte Observer.

Tahun 1998 juga menjadi tahun ditemukannya Open Diary, sebuah platform blog pertama yang memberikan layanan bagi anggota komunitasnya untuk saling memberikan komentar pada postingan orang lain.

Istilah “weblog” kemudian disingkat menjadi “blog” pada tahun 1999 oleh seorang programmer Peter Merholz.

Di tahun-tahun awal kemunculan blog ini (1999-an), beberapa platform “blogging” bermunculan. Salah satu yang terkenal adalah LiveJournal. Di tahun 1999 juga sebuah platform yang menjadi cikal bakal Blogger ditemukan. Blogger pada mulanya dibuat oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di Pyra Labs. Blogger lah yang kemudian bertanggung jawab besar mempopulerkan blog dan blogging yang saat ini anda kenal. Di tahun itu juga muncul Xanga, sebuah situs yang lebih berfokus pada sisi blogging sosial (mirip dengan MySpace), memiliki 300.000 pengguna pada puncaknya tetapi menghilang sepenuhnya dari dunia blogging.

LiveJournal dimulai sebagai situs web tempat Brad Fitzpatrick dapat tetap berhubungan dengan teman-teman sekolah menengahnya, dan dengan cepat tumbuh menjadi tempat di mana semua orang dapat mencatat pemikiran mereka dan mengembangkan komunitas. LiveJournal mempertahankan popularitas sebagai platform blog hingga pertengahan tahun 2000-an, tetapi secara bertahap berubah dari situs blog menjadi salah satu platform media sosial utama Rusia.

Tampilan LiveJournal di Awal Kemunculannya

Berbeda dengan LiveJournal, pada awal kemunculannya Blogger merupakan layanan blog yang berbayar. Platform ini kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003 dan menjadi layanan blog gratis bagi seluruh dunia. Langkah menggratiskan Blogger oleh Google inilah yang membuat Blogger selain semakin populer juga mempopulerkan konsep blogging itu sendiri.

Tampilan Blogger di Awal Kemunculannya

Itulah sejarah singkat blog pada awal kemunculannya. Menarik ya!