Gojek, sebuah aplikasi super (super apps) milik GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia memiliki fitur GoFood di dalamnya. Apa itu GoFood?
GoFood adalah layanan pesan antar makanan terbesar di dunia di luar Cina dan bekerja sama dengan 125,000 merchant di berbagai kota di Indonesia.
Sejarah GoFood
Bisnis kuliner atau Food and Beverage (F&B) menjadi lahan bisnis yang tidak ada matinya.
Salah satu alasan mengapa bisnis ini tidak pernah lekang waktu adalah makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.
Tanpa makanan, manusia tidak akan dapat bertahan hidup.
Alasan lainnya yaitu banyaknya masyarakat yang gemar berburu makanan.
Tentunya, kegemaran ini pun juga didukung dengan menjamurnya tempat makan yang menyajikan berbagai jenis makanan yang menggugah selera.
Jenis makanan yang muncul dalam bisnis kuliner ini sangatlah bervariasi, mulai dari makanan berat hingga cemilan/snack yang dapat memuaskan lidah penikmatnya.
Tidak hanya jenis makanan saja yang bervariasi, jenis minuman pun juga demikian.
Sudah banyak minuman kreatif yang muncul di bisnis kuliner ini, mulai dari minuman tradisional hingga minuman dari negara lain seperti minuman boba (bubble drink) dari Taiwan yang sudah menjamur di kalangan masyarakat saat ini.
Selain jenis makanan yang variatif, tempat-tempat makan ini juga hadir dalam berbagai skala. Mulai dari yang berkelas seperti restoran, hingga warung kecil dan pedagang gerobak di pinggir jalan.
Dengan adanya jenis makanan dan skala tempat makan yang beragam, masyarakat dapat memilih makanan dan tempat yang sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga, banyak juga masyarakat yang gemar mengunjungi tempat makan.
Pangsa pasar kuliner yang begitu besar ini membuat Gojek tertarik untuk mengembangkan layanan barunya.
Adanya peluang yang besar ini memotivasi Gojek untuk membuat layanan GoFood.
Idenya adalah membuat orang bisa membeli makanan dan minuman dengan mudah tanpa harus pergi ke tempat dimana makanan itu dijual.
Dampak Adanya GoFood
Kehadiran GoFood di aplikasi Gojek membuat orang bisa duduk manis di rumah sambil melihat-lihat makanan dan minuman yang ingin dipesan.
Hal ini tentu memudahkan konsumen dalam memesan makanan, sehingga konsumen tidak perlu keluar rumah untuk membeli makanan.
Selain memberi kemudahan kepada konsumen, kehadiran GoFood juga memberikan keuntungan kepada mitra Gojek (dalam hal ini mitra GoFood), yaitu UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan usaha-usaha besar di bidang kuliner.
Melalui GoFood, sebuah restoran/warung/kedai/rumah makan bisa mempromosikan menu makanan andalannya kepada lebih banyak orang.
Dengan GoFood, usaha kuliner tersebut dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial dari mana saja.
Bahkan, pembeli tersebut dapat membeli makanan tanpa mengetahui dimana letak persisnya tempat kuliner tersebut berkat adanya layanan GoFood ini.
Promosi ini tentunya membuat UMKM semakin maju dan memperoleh lebih banyak penghasilan.
GoFood mempromosikan produk UMKM ke lebih banyak pembeli potensial tanpa adanya hambatan lokasi.
Nah, jika anda merupakan salah seorang pemilik usaha kuliner yang ingin melebarkan target konsumennya, maka menjadi mitra GoFood layak untuk dipertimbangkan.
Setiap usaha kuliner dapat menjadi mitra GoFood dengan hanya mengikuti proses pendaftaran yang mudah dan cepat.
Baca artikel Cara Daftar GoFood Terbaru Secara Online untuk tahu lebih detail tata cara pendaftaran menjadi mitra GoFood.
Leave a Reply