Baru-baru ini Google Adsense meluncurkan fitur baru yaitu AdSense Labs. Apa itu AdSense Labs dan apakah meningkatkan penghasilan para publisher iklan? Yuk kita bahas detailnya.
Apa itu AdSense Labs?
AdSense Labs adalah sebuah fitur eksperimen dimana publisher akan diberikan kesempatan untuk mengaktifkan atau mencoba format iklan terbaru lalu Google meminta feedback atau masukkan atas format iklan baru tersebut.
Contohnya dapat berupa format iklan baru yang membutuhkan feedback atau masukan dari user.
Fitur Labs ini belum diluncurkan untuk semua penayang iklan.
Jadi dengan anda mengaktifkan fitur ini, website anda akan menampilkan iklan dengan format baru. Lalu anda diminta untuk memberikan masukan tentang performa iklan tersebut.
Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan AdSense Labs
- Masuk ke akun AdSense.
- Klik Pengoptimalan.
- Klik Labs.
- Pada bagian “Labs yang Tersedia”, aktifkan atau nonaktifkan Lab yang diinginkan.
Apakah Labs Meningkatkan Penghasilan Penayangan Iklan Anda?
Jika anda bertanya-tanya tentang apakah dengan mengaktifkan fitur Labs akan meningkatkan penghasilan AdSense anda?
Jawabannya bisa ya bisa tidak, lagi-lagi semua bergantung pada pengiklannya. Mungkin format iklan yang baru ini biaya CPC-nya tinggi, bisa juga rendah.
Tetapi menurut tim Ngoolie.id kemungkinan besar AdSense Labs akan meningkatkan penghasilan anda karena ini format iklan baru. Dimana AdSense akan menambahkan tautan (link) belanja ke laman konten anda yang memenuhi syarat. Tautan belanja memberi opsi yang relevan pada end user (pengunjung halaman) anda untuk membeli.
Anda akan dibayar jika pengguna mengeklik tautan belanja dan mengeklik salah satu iklan yang ditampilkan.
Apakah Ada Pengaturan Khusus untuk Menampilkan Labs?
Tidak ada pengaturan khusus untuk menampilkan tautan belanja pada laman anda. Tidak ada kode atau script khusus yang perlu anda tempatkan pada website anda. Kode iklan masih sama seperti sebelumnya. Atau jika anda menghidupkan fitur auto ads, maka anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi.
Labs akan menempatkan tautan belanja secara otomatis pada laman yang memenuhi syarat di situs anda untuk untuk pengunjung anda.
Seperti apa Format Iklan di AdSense Labs?
Tautan belanja ditempatkan di konten utama laman Anda (misalnya, sebuah artikel), dengan membuat hyperlink ke kata-kata yang ada setiap kali Google mendeteksi penyebutan produk yang dapat dibeli. Dengan mengklik tautan tersebut, pengguna diperlihatkan sejumlah iklan belanja untuk produk tersebut.
Format shopping link dari AdSense Labs akan seperti ini.
Google akan menempatkan tautan belanja seperti ilustrasi di atas di laman yang terdeteksi menyebut sebuah produk yang memenuhi syarat. Fitur ini juga tidak selalu terlihat pada semua laman anda, tautan belanja hanya ditampilkan di sebagian lalu lintas anda.
Itulah pembahasan terkait fitur Labs terbaru dari Google Adsense. Jika anda diberi kesempatan oleh Google untuk mencoba, tidak ada salahnya jika anda mengaktifkan fitur baru ini.
Namun, jika dengan mengaktifkan fitur terbaru ini anda merasa tidak ada dampak yang signifikan pada penghasilan anda, anda dapat menonaktifkannya kembali.
Selamat mencoba, jika anda ada pengalaman lain, mari berdiskusi pada kolom komentar di bawah.
Leave a Reply