Memiliki web yang banyak pengunjung adalah impian dari setiap pemilik website. Supaya banyak pengunjung, website harus nangkring di halaman pertama hasil dari pencarian Google. Untuk itu, SEO (Search Engine Optimization) website kamu harus bagus. Salah satu cara agar SEO website kamu bagus adalah kamu harus memiliki jumlah backlink yang cukup dan berkualitas untuk website kamu.
Di dunia digital marketing, istilah backlink sangat populer, karena ini merupakan salah satu contoh dari strategi dalam dunia digital marketing. Backlink membantu halaman website untuk mendapatkan peringkat dan kredibilitas yang lebih baik di mesin pencari.
Lalu apa itu backlink? Apa fungsi backlink? Apakah backlink benar-benar mempengaruhi SEO? Dan bagaimana cara agar memiliki jumlah backlink yang cukup ? Mungkin pertanyaa-pertanyaan ini sering bermunculan dalam benak kamu.
Pada artikel ini, Ngoolie.id akan membahas tentang pengertian backlink, fungsi, pengaruhnya terhadap SEO, dan cara mendapatkan backlink yang cukup untuk website kamu. Simak terus sampai akhir ya.
Pengertian – Apa itu Backlink
Backlink adalah hyperlink (tautan) di dalam sebuah konten website yang mengarah ke halaman website lain dan umumnya tautan ini berfungsi untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website yang ditautkan. Hyperlink atau juga disebut link ini bisa membantu memaksimalkan SEO website dan bukan sekadar menautkan resource.
Contoh backlink, misalnya kami memiliki artikel dengan judul Memilih Keyword agar Konten SEO Friendly kemudian website lain membuat konten dengan referensi artikel tersebut. Lalu, website lain tersebut menautkan link artikel tersebut di dalam kontennya pada keyword (kata kunci) yang relevan.
Umumnya ada dua jenis backlink, yaitu:
Internal Backlink
Internal backlink adalah link yang menautkan dua halaman web di dalam satu domain yang sama agar pengunjung bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik saat membaca konten yang relevan.
Link internal ini biasanya berfungsi untuk menambah durasi kunjungan audiens / pembaca ke suatu domain, serta meningkatkan jumlah kunjungan ke konten lain dengan topik yang relevan. Internal link juga berfungsi untuk mengurangi bounce rate, yaitu metrik yang menunjukkan bahwa pengunjung tidak betah membaca konten dan langsung menutupnya dalam waktu yang singkat.
External Backlink
External backlink adalah link yang menautkan dua domain yang berbeda. Link ini diperlukan jika website kamu tidak memiliki konten yang bisa ditautkan (menjadi rujukan) untuk topik tertentu, sehingga kamu menambahkan resource dari web lain.
Link eksternal tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengunjung, tetapi juga membantu website lain yang ditautkan untuk membangun otoritas, relevansi, dan kredibilitasnya di search engine.
Karena kredibilitas sebuah halaman web lain menjadi lebih baik, maka perlahan-lahan traffic ke halaman domain eksternal yang ditautkan tersebut juga semakin baik.
Fungsi Backlink
Umumnya, fungsi backlink adalah digunakan oleh algortima mesin pencari untuk mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain atas produk, layanan, dan topik tertentu. Sehingga, hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang mengelola website untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi.
Apabila kamu memiliki jumlah backlink yang banyak dari website lain, mesin pencari pun akan lebih memprioritaskannya website kamu untuk mendapatkan ranking lebih tinggi.
Mesin pencari (Google, Bing, dll.) menganggap bahwa website atau konten kamu yang menjadi rujukan website lain melalui backlink adalah sumber informasi yang kredibel dan terpercaya, sehingga akan membuat konten kamu berada di halaman pertama SERP (Search Engine Result Pages) untuk kata kunci (keyword) pencarian terkait.
Kalau sudah mendapatkan ranking tinggi, traffic organik dan page authority (nilai DA dan PA) website kamu di internet akan meningkat dan reputasi web kamu meningkat sebagai referensi yang paling relevan untuk keyword tertentu.
Akan tetapi, kamu harus berhati-hati ya dalam mendapatkan backlink. Pasalnya jika kamu mendapatkan backlink dari website asal-asalan, alih-alih kredibilitas website kamu naik, sebaliknya justru malah makin turun dan rangking web kamu terperosot jatuh. Kita akan membahas lebih detail pada subbab “Pengaruh Backlink pada SEO Website” di bawah ini.
Pengaruh Backlink pada SEO Website
Seperti yang sudah dijelaskan pada subbab “Fungsi Backlink” di atas, bahwasanya backlink sangat mempengaruhi kredibiltas website kamu yang mana akan berdampak pada rangking pada SERP, yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada traffic pengunjung website kamu.
Baca juga: Cara Cek Jumlah Pengunjung / Traffic Website Orang Lain
Jadi bisa dibilang bahwa backlink sangat mempengaruhi SEO web kamu. Akan tetapi pengaruhnya tidak selalu baik ya, bisa juga pengaruhnya buruk. Lalu backlink yang seperti apa yang baik untuk SEO website kamu?
Backlink yang baik adalah backlink yang berkualitas, tidak hanya kuantitas. Maksud dari berkualitas di sini adalah backlink yang berasal dari website lain yang mana kontennya relevan dengan topik pada konten di website kamu yang ditautkan. Jadi bukan hanya soal kuantitas ya, jumlah backlink yang banyak tidak berarti membuat website kamu memiliki otoritas dan relevansi yang baik untuk sebuah topik.
Bagaimana jika backlink berasal dari konten website lain yang tidak relevan dengan topik konten kamu, atau berasal dari web lain yang kontennya spam? Jika ini terjadi maka kredibilitas website kamu turun, dan hal ini akan membuat rangking web kamu juga turun. Berharap mendapatkan good SEO, yang didapat malah bad SEO.
Jadi, sangat penting mendapatkan backlink yang berkualitas ya. Lalu bagaimana jika website kamu terlanjur mendapatkan backlink dari website antah berantah yang kontennya tidak jelas alias spam? Yuk, kita diskusi di kolom komentar di bawah ya.
Baca juga: Hati-hati Berburu Backlink, Bisa Memperburuk SEO
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini cara mendapatkan backlink yang berkualitas:
- Buat konten yang menarik
Konten yang menarik akan membuat pembaca tertarik untuk membaca, betah membacanya, dengan sukarela juga akan membagikannya, dan kemungkinan besar akan menjadi referensi (ditautkan) pada kontennya.
- Buat konten memiliki kredibilitas tinggi
Selain konten menarik, konten kamu juga harus memiliki kredibilitas tinggi. Maksudnya adalah konten kamu harus terpercaya, bukan hoax, memiliki sumber terpercaya, dan bermanfaat bagi pembacanya. Hindari konten yang banyak gimmick atau hanya sekedar menipu pembaca supaya tertarik membaca, sementara isinya sampah. Bagaimana mungkin konten sampah menjadi referensi (ditautkan) di website lain?
- Tulis Guest Post di Website Lain
Cara ini juga cukup baik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, yaitu menulis guest post di website orang lain yang memiliki topik yang relevan. Umumnya Guest post ini gratis, kamu bisa dengan cara saling tukar guest post.
- Pasang Iklan di Blog Lain
Salah satu cara yang perlu kamu coba adalah memasang iklan di blog lain. Cara ini adalah dengan membayar pemiliki blog lain agar memasang iklan kita, bisa berupa artikel, banner, halaman bersponsor, dan lain-lain.
- Aktif di media sosial
Sudah bukan menjadi rahasia bahwa media sosial adalah salah satu alat yang sangat efektif untuk membangun persona dan otoritas di internet. Jadi, buatlah halaman atau komunitas atau akun untuk blog atau brand kamu. Aktif dengan membagikan konten-konten yang bermanfaat melalui media sosial, perlahan-lahan akan meningkatkan otoritas dan kredibilitas website kamu.
Kesimpulan, Backlink adalah
Kini kamu memahami apa itu backlink, jenis-jenis backlink, fungsi backlink, pengaruhnya terhadap SEO website, dan cara mendapatkan backlink yang berkualitas.
Backlink adalah tautan dari website (halaman website) lain ke website (halaman website) kamu, dimana tautan ini menunjukkan relevansi topik yang akan meningkatkan otoritas dan kredibiltas website kamu.
Backlink terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan external backlink. Internal backlink adalah link yang menghubungkan halaman-halaman di dalam domain website yang sama, sementara external backlink adalah link yang menghubungkan halaman-halaman website dengan domain yang berbeda.
Backlink yang baik adalah backlink yang berkualitas, memiliki relevansi topik, dan tidak berasal dari website yang kontennya asal-asalan. Mendapatkan backlink yang berkualitas dapat kamu lakukan dengan membuat konten yang menarik dan memiliki kredibilitas tinggi, menulis di guest post, pasang iklan di blog lain, dan aktif di media sosial.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sukses terus ya!
Leave a Reply