Sudah menjadi kewajiban seorang pembuat konten blog untuk memilih keyword di setiap postingan konten blognya jika ingin konten blognya SEO friendly. Masalahnya adalah memilih keyword itu tidak mudah, karena jika kita tidak tepat dalam memilih kata kunci, kemungkinan konten blog kita akan kalah bersaing pada hasil pencarian Google.
Pada artikel sebelumnya, Ngoolie.id telah membahas mengenai 7 cara menulis konten yang SEO friendly. Pada artikel tersebut telah dibahas bahwa keyword atau kata kunci harus terkandung dalam judul postingan dan paragraf pertama. Ini menjadi indikator bahwa keyword itu memegang peranan penting untuk mendapatkan peringkat yang bagus pada Google SEO.
Keyword atau kata kunci pencarian adalah kata yang akan diinput oleh user pada mesin pencari Google saat akan mencari sesuatu. Tentu orang tidak akan menulis kata kunci yang panjang dalam mencari sesuatu, karena orang tidak suka yang ribet, maunya yang praktis. Bahkan ketika orang mengetik kata kunci, Google sudah memberikan suggestion list (daftar saran) kata kunci yang berelasi, lalu orang lebih suka langsung klik kata kunci apa yang disarankan oleh Google tersebut.
Tugas kita sebagai content creator adalah memilih dan memasukkan kata kunci pada setiap artikel yang kita buat dengan harapan nantinya ada pengguna yang mencari dengan kata kunci tersebut, atau setidaknya muncul pada suggestion list yang ditawarkan oleh Google ke pengguna. Anda dapat mengikuti cara berikut ini untuk memilih keyword yang tepat agar Google SEO friendly.
1. Buat keyword tidak lebih dari 4 kata
Ketika anda sudah menentukan akan menulis artikel apa, maka langkah selanjutnya sebelum anda benar-benar menulis artikel tersebut adalah kata kunci apa yang akan anda gunakan untuk artikel tersebut. Karena user tidak suka hal-hal yang ribet, lebih suka hal-hal yang praktis kalau perlu tidak perlu menulis tinggal klik saja, maka dalam memilih dan membuat kata kunci usahakan jangan terlalu panjang. Disarankan keyword tidak lebih dari 4 kata.
2. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan keyword
Mungkin anda dapat dengan mudah memprediksi keyword apa yang akan diinput oleh pengguna dalam mesin pencari Google. Anda cukup membayangkan kata-kata apa yang pas untuk mencari informasi sesuai dengan isi artikel anda. Namun, hal ini sering sekali tidak tepat, karena saat anda membayangkan kata kunci apa untuk mencari artikel anda, anda akan terbayang banyak pilihan kata kunci.
Untuk memilih dari sekian banyak kata kunci yang muncul di kepala anda, anda perlu melakukan riset keyword. Hanya dengan riset keyword-lah anda akan mengetahui kata kunci yang mana yang lebih banyak dipakai oleh pengguna, seberapa ketat persaingan kata kunci tersebut, dan berapa estimasi rata-rata biaya iklan yang ditawarkan oleh kata kunci tersebut. Anda dapat menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset kata kunci, dari yang gratis hingga berbayar.
Contoh beberapa tools yang dapat anda gunakan untuk riset keyword secara gratis adalah Ubersuggest, Google Keyword Planner, Google Trends, KWFinder, MOZ, SEMrush, Soovle, Google Related Search, Keyword Shitter dan masih banyak lagi. Mengenai cara penggunaan dari masing-masing tools tersebut akan dibahas pada artikel selanjutnya.
3. Mencari kata sinonim
Pada artikel 7 Cara Menulis Konten blog yang SEO friendly, Ngoolie.id telah membahas mengenai berapa kali keyword atau kata kunci harus diulang dalam sebuah artikel blog anda. Intinya adalah keyword itu tidak boleh diulang terlalu sering, ada batas-batas maksimum yang disarankan berdasarkan panjang artikel. Semakin panjang artikel anda, maka kesempatan mengulang kata kunci dalam artikel juga semakin banyak. Silahkan membaca secara detail pada artikel tersebut.
Untuk mengatasi limitasi pengulangan keyword, kita bisa menggunakan trik lain yaitu mencari sinonim dari kata kunci yang kita inginkan tersebut. Cara ini menurut Ngoolie.id sangat efektif, karena kita bisa menggunakan lebih banyak keyword dengan kata yang berbeda-beda. Ini juga memperluas jangkauan dari keyword yang kita buat, karena setiap orang tidaklah sama dalam menulis kata kunci saat mencari sesuatu.
Contoh, misalnya kita ingin mencari tentang cara membuat keyword yang benar pada pembuatan artikel blog, mungkin di antara kita akan memasukkan keyword seperti ini pada mesin pencari Google: “memilih keyword SEO”, ada juga yang seperti ini: “memilih keyword untuk SEO”, atau seperti ini: “mencari kata kunci SEO”, dan masih banyak lagi.
Itulah tutorial memilih kata kunci sebelum anda menulis sebuah artikel blog agar hasil artikel anda SEO friendly.
Leave a Reply