Di aplikasi TikTok, selain anda dapat melakukan promosi secara organik, anda juga dapat memasang iklan TikTok berbayar.
Jika anda tertarik tentang promosi organik di TikTok, baca tips sukses melakukan promosi di TikTok.
Sama halnya ketika anda memasang iklan di Instagram, Facebook, Twitter, atau pun Google, dengan iklan berbayar di TikTok anda dapat menarget audiens sesuai yang anda harapkan.
Telah banyak para internet marketer yang berpindah ke TikTok dalam memasarkan produk-produknya. Pasalnya, jumlah pengguna TikTok di Indonesia makin hari makin bertambah. Bahkan aplikasi TikTok bagi sebagian orang telah menggeser Instagram dan Youtube.
Kenapa promosi atau iklan berbayar lebih baik dibanding promosi secara organik?
Jawabannya karena promosi organik biasanya memerlukan lebih banyak waktu, tenaga, pikiran, dan usaha. Ya, karena algoritma TikTok berubah-ubah terus setiap harinya. Untuk promosi organik, anda harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan itu. Singkat kata, anda harus mengikuti apa yang sedang trend atau viral. Lama-kelamaan cape bukan?
Selain itu, promosi organik akan berdesak-desakan dengan konten-konten promosi lain. Hal ini yang membuat konten promosi organik kita menjadi tidak efektif.
Banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh promosi organik membuat promosi berbayar perlu dipertimbangkan oleh para internet marketer. Promosi atau iklan berbayar di TikTok memang memerlukan budget yang sedikit mahal, namun anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran saat melakukan promosi berbayar.
Promosi berbayar pada media sosial TikTok dapat berupa memasang iklan TikTok atau menggunakan jasa influencer.
Untuk iklan berbayar di TikTok sendiri secara umum terdapat lima tipe iklan. Lima tipe iklan tersebut yaitu:
- In-feed video
Iklan ini merupakan iklan yang muncul di FYP feed anda, dan muncul bergiliran dengan konten biasa. - Brand takeover
Iklan brand takeover merupakan iklan yang muncul setiap kali user membuka aplikasi TikTok dan mengambil alih (takeover)seluruh layar user tersebut selama beberapa detik, setelah iklan selesai maka user akan diarahkan ke FYP feed kembali. - Hashtag challenge
Iklan ini merupakan iklan yang muncul di halaman discovery, yang tentunya melibatkan sebuah hashtag dan challenge yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mengikuti challenge tersebut. - Branded Augmented Reality (AR) content
Iklan ini merupakan iklan yang menggunakan filter dan stiker yang berbasis AR sebagai salah satu alat untuk memperindah tampilan iklan. - Topview ads
Iklan ini merupakan iklan yang muncul di halaman yang paling atas dari FYP feed anda, dapat dikatakan bahwa iklan jenis ini akan muncul duluan sebelum anda menonton in-feed video dan konten-konten lain di FYP.
Itulah 5 tipe iklan berbayar di TikTok yang dapat kamu manfaatkan untuk promosi produk anda. Namun untuk beriklan di TikTok anda perlu memiliki akun TikTok for Business terlebih dahulu.
Selamat mencoba.
Leave a Reply