Jika kamu seorang blogger, penting sekali untuk mengetahui apa itu niche blog dan pengaruhnya terhadap SEO blog kamu.
Dengan mengetahuinnya, kamu bisa memaksimalkan blog yang kamu miliki supaya memiliki SEO yang lebih baik.
Sebenarnya, istilah Niche sering sekali digunakan dalam dunia internet marketing dan digital agency.
Dalam dunia internet marketing penggunaan niche yang unik adalah sebuah keharusan supaya lebih menyasar ke target pasar yang lebih spesifik.
Niche yang unik membuat produk yang dihasilkan akan lebih tepat sasaran dan mendulang keuntungan yang besar.
Untuk tahu lebih detail mengenai niche pada blog dan pengaruhnya terhadap SEO, yuk simak artikel ini hingga akhir.
Apa itu Niche?
Niche atau dalam bahasa Indonesia ceruk pasar adalah bagian yang lebih spesifik dari keseluruhan pasar yang menjadi target sasaran dari pemasaran sebuah produk.
Niche menentukan fitur apa saja yang harus ada dari sebuah produk yang ditawarkan, termasuk harga dan kualitas produk, serta demografi yang yang ditarget.
Apa itu Niche Blog?
Niche blog adalah topik atau tema utama yang dibahas dalam sebuah blog, sehingga konten blog lebih tertarget ke pembaca dengan minat tertentu.
Niche blog menentukan konten apa saja yang ada dalam sebuah blog, dimana konten-konten tersebut harus fokus membahas topik tententu yang telah ditentukan.
Sebagai contoh jika sebuah blog memiliki niche tentang cara beternak ikan, maka di dalam blog tersebut akan membahas semua hal tentang cara beternak ikan. Blog dengan niche tersebut dilarang atau tidak disarankan membahas topik lain karena tidak berkaitan dengan niche yang telah ditentukan.
Bahkan saat ini banyak blog yang membahas lebih spesifik dari topik yang sudah spesifik, atau sering disebut micro niche.
Apa itu Micro Niche?
Micro Niche adalah topik yang lebih spesifik dari sebuah topik yang dibahas dalam sebuah blog atau website.
Misalnya saja kamu memilih niche tentang cara beternak ikan, lalu kamu menentukan micro niche tentang cara beternak ikan hias, cara beternak ikan koki, atau bahkan lebih spesifik lagi.
Kelebihan dan Kekurangan Micro Niche
Kelebihan dari micro niche adalah topik lebih spesifik sehingga target pembaca blog anda juga akan lebih spesifik.
Selain itu, blog dengan micro niche akan lebih dipercaya oleh pembaca karena memberikan informasi yang spesifik dan lengkap.
Namun, ada juga kekurangan dari blog yang memilih micro niche tertentu. Kekurangannya adalah biasanya konten sangat terbatas. Pembuat konten sulit mencari ide lain jika tema blog sangat sempit.
Pengaruh Niche pada SEO
Menentukan niche yang spesifik pada sebuah blog memiliki banyak dampak yang positif pada blog.
Berikut tiga pengaruh positif niche pada SEO:
- Pencarian pada topik tertentu akan lebih sempit dan pembaca yang tertarget
- Meningkatkan rangking blog karena Google mengakui keunikan dari konten blog tersebut
- Memaksimalkan teknik-teknik SEO yang lain akan lebih mudah karena hanya membahas satu topik tertentu.
Keuntungan lain yang didapat adalah kemudahan mengumpukan para pembaca yang memiliki minat atau ketertarikan yang sama (trusted blog).
Biasanya blog dengan niche tertentu akan memiliki CPC iklan yang lebih tinggi karena target kontennya lebih jelas sehingga meningkatkan pendapatan adsense anda.
Meskipun banyak keuntungan ketika kita menggunakan niche, perlu diketahui juga bahwa niche ada kekurangannya.
Kekurangan dari penggunaan niche tertentu membuat pengembangan konten jadi terbatas karena hanya spesifik pada topik tertentu.
Sering sekali content creator menemui kebuntuan dalam pengembangan konten supaya tidak keluar dari niche yang telah ditentukan.
Nah bagaimana menurut kamu? Apakah kamu akan membuat blog kamu berisi topik campuran atau spesifik dan tertarget?
Kalau saran dari Ngoolie.id sih, keuntungan memilih niche yang spesifik jauh lebih banyak dibanding kerugiannya.
So tentukan topik yang kamu pilih, maksimalkan konten blog anda supaya lebih SEO friendly.
Contoh Analogi Niche Blog
Sebuah analogi yang mungkin membantu kamu memahami pentingnya topik yang spesifik dan tertarget.
Misalnya saja kamu ingin membeli smart tv, kamu bisa saja pergi ke Carefour (department store yang menjual segala jenis barang). Sesampainya di sana kamu harus mencari dimana etalase barang-barang elektronik berada. Setelah ketemu pun kamu harus mencari dimana etalase merek smart tv yang kamu inginkan.
Ribet dan susah bukan?
Sebaliknya, jika kamu pergi langsung ke toko yang spesifik menjual smart tv, tentu sesampainya di sana kamu segera disuguhkan berbagai merek smart tv.
Itulah niche.
Apalagi jika kamu memilih pergi ke toko yang spesifik menjual merek smart tv yang ingin kamu beli, tentu ini akan jauh lebih memudahkan pekerjaan kamu.
Itulah micro niche.
Selamat mencoba.
Ngoolie.id (never gonna lie) red.
Leave a Reply