Instagram Ads

7 Tips Instagram Ads yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu tips sukses dalam aktivitas Instagram marketing adalah memanfaatkan fitur iklan bersponsor dengan Instagram Ads.

Fitur Instagram Ads diakui oleh banyak pelaku bisnis mampu mendongkrak hasil penjualan dan meningkatkan popularitas brand.

Instagram Ads adalah sebuah fitur yang ada di Instagram yang dapat dimanfaatkan oleh user untuk mempromosikan karya, produk, dan jasanya.

Dengan fitur Instagram Ads, pengiklan dapat menarget audience dengan usia, minat, dan lokasi yang disesuaikan dengan fitur dan kualitas produk/jasa yang ditawarkan.

Dengan begitu, beriklan di Instagram akan lebih tepat sasaran dibanding jika beriklan di media konvensional lainnya, misalnya baliho, reklame, koran, tv, dan radio yang belum tentu orang yang melihat, membaca ataupun mendengar sesuai dengan target iklan.

Pada artikel kali ini, Ngoolie.id akan berbagi tips Instagram Ads yang wajib anda ketahui supaya iklan produk anda tepat sasaran dan meningkatkan hasil penjualan.

Namun, sebelum itu alangkah baiknya jika kita ulas terlebih dahulu mengapa harus promosi di Instagram, dan mengapa Instagram Ads ini sangat penting sebagai alat promosi untuk dapat menggaet dan memperkenalkan produk/jasa anda ke lebih banyak konsumen.

Mengapa harus promosi di Instagram?

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, data statistik pada Facebook for Business menyatakan bahwa 79% orang akan mencari informasi lebih lanjut lagi terkait produk yang mereka baru saja lihat di media sosial khususnya Instagram.

Setelah mereka melihat produk tersebut, 46% diantaranya akan membeli produk tersebut baik secara online maupun secara offline.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa melakukan promosi di media sosial khususnya Instagram terbukti dapat meningkatkan audience engagement terhadap sebuah brand yang sedang diangkat.

Apalagi jika melihat pengguna Instagram yang telah mencapai lebih dari 1 Milyar pada Juni 2021 lalu dan akan terus bertambah lagi, promosi di Instagram tidak dapat dihindari oleh pelaku bisnis jika ingin menarget market yang besar.

Ada dua jenis promosi di Instagram, organik (gratis) dan berbayar (Instagram Ads).

Promosi secara organik dapat anda lakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram seperti posting foto, video, instastory, IGTV, instalive, reels, dan feeds secara gratis.

Promosi secara organik ini mungkin akan efektif jika jumlah follower anda sudah banyak.

Sehingga setiap anda posting, anda mendapatkan like banyak, terjadi banyak diskusi pada kolom komentar dari foto atau video anda yang biasanya user akan mention (@) teman-temannya.

Hal ini memungkinkan postingan anda akan populer pada tab discovery yang akan membawa banyak pengunjung ke akun Instagram anda.

Tetapi, jika follower anda sedikit atau anda ingin menggaet lebih banyak audience, maka jawabannya adalah anda wajib alias kudu menggunakan Instagram Ads.

Mengapa harus beriklan di Instagram Ads?

Chloe West dari Sprout Social menjelaskan bahwa melakukan promosi organik memiliki beberapa kelemahan.

Secara umum, mungkin promosi organik terlihat lebih hemat karena sedikit atau bahkan tidak memakan biaya sama sekali. Namun, untuk dapat meraih tingkat engagement yang diharapkan, tentu melakukan promosi organik harus disertai dengan proses trial and error sehingga memakan waktu yang lama.

Tidak hanya itu saja, promosi organik akan efektif apabila anda mampu secara berkelanjutan menghadapi algoritma media sosial. Hal ini akan menjadi sangat sulit untuk dihadapi terus-menerus, karena algoritma media sosial terus berubah setiap waktunya.

Selain itu, karena saking banyaknya usaha lain yang sudah melakukan promosi organik, tentu akan menjadi sangat susah bagi usaha anda agar dapat menarik perhatian pengguna dari promosi organik yang sudah anda lakukan.

Poin inilah yang membuat pentingnya membuat Instagram ads untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggaet lebih banyak konsumen.

Menurut Cyberclick, Instagram ads adalah sebuah cara bagi perusahaan untuk mengiklankan dirinya dengan menggunakan konten visual seperti foto dan video pada platform ini.

Iklan ini merupakan metode promosi berbayar, dengan cara mem-posting konten bersponsor di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih besar dan lebih tepat sasaran.

Instagram ads dapat membuat promosi yang kita lakukan lebih terlihat, tidak berdesak-desakan dengan promosi organik lainnya, dan tidak memenuhi feeds pengguna secara berlebihan.

Simpelnya, Instagram ads dapat membuat kita menerobos “kekacauan yang timbul karena saking banyaknya organic marketing yang sudah dilakukan banyak orang” (Margot Whitney dari WordStream).

Dengan menggabungkan promosi organik dan berbayar, maka anda dapat tetap melibatkan audience setia anda, tetapi anda juga dapat menjangkau audience yang lebih besar lagi, yang awalnya belum mengetahui sama sekali tentang brand anda.

Oleh karena itu, memasang advertisement pada Instagram ini dianggap sangat penting untuk dilakukan oleh para pemilik bisnis.

7 Tips Instagram Ads

Berikut ini adalah tips atau cara beriklan di Instagram Ads yang ampuh untuk promosi produk/jasa anda.

1. Kenali produkmu lebih baik dari siapapun

Sebelum beriklan di Instagram Ads, alangkah baiknya jika anda mengenali produk anda dengan baik dan detail terlebih dahulu.

Anda harus mengetahui secara detail mengenai fitur-fitur, kelebihan, kekurangan, dan sasaran konsumen dari produk anda.

Setelah anda mengenal produk anda lebih baik dari siapapun, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan tujuan, strategi, dan format iklan anda.

Sehingga iklan anda akan tepat sasaran dan dapat terkonversi menjadi pundi-pundi keuntungan.

Selain itu anda juga siap menjawab, jika nantinya ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan pertanyaan terkait fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangan dari produk anda.

2. Berkenalan dengan Facebook’s Advertising Manager

Setelah anda sudah mengenali produk anda, maka anda harus tahu kemana anda akan pergi untuk membuat Instagram Ads.

Ya, anda perlu berkenalan dengan Facebook’s Advertising Manager. Mungkin anda bertanya-tanya, “kok ke Facebook?” Iya, asal tahu saja Instagram juga miliknya Facebook, selain Facebook itu sendiri dan Whatsapp.

Jadi, memasang Instagram ads harus diawali dengan mengunjungi Facebook terlebih dahulu.

Hal ini harus dilakukan karena Instagram tidak memiliki advertising manager-nya sendiri, semua advertising (pengiklanan) di Instagram diatur dan di-manage lewat Facebook’s adversiting manager.

Dari halaman advertising manager ini, maka anda dapat mengatur segala hal yang berkaitan dengan advertising anda di Instagram.

Berikut ini tampilan dari Facebook’s advertising manager.

Sumber: poweradspy.com

3. Tentukan tujuan, strategi, dan format iklan

Dari halaman advertising manager-nya Facebook, anda diminta untuk mengisi banyak hal terkait iklan yang akan ditampilkan, seperti format iklan, penempatan iklan, tujuan iklan, target audience, dan lain sebagainya.

Kebanyakan pengiklan melakukan kesalahan yang cukup fatal pada tahapan ini, karena mereka hanya sekadar ingin memasang iklan tanpa adanya perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai dari iklan tersebut.

Layaknya promosi pada umumnya, maka kita harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan dari iklan yang akan kita pasang.

Secara umum terdapat tiga jenis kategori iklan, yaitu awareness, consideration, dan conversion.

  • Awareness: iklan yang membangkitkan minat atau ketertarikan terhadap produk atau jasa anda
  • Consideration: iklan yang membuat orang yang melihat iklan anda menjadi penasaran dan mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis anda
  • Conversion: iklan yang mengubah/mengkonversi minat atau ketertarikan audiens menjadi minat untuk membeli produk atau jasa anda

Setiap iklan yang akan dipasang setidaknya akan masuk ke dalam salah satu kategori ini, dan setiap kategori memiliki tujuan iklan yang berbeda pula.

Tentukan juga target audience anda seperti lokasi, usia, jenis kelamin, demografi, ketertarikan, bahasa, dan connection dari audience anda.

Pemilihan strategi, format iklan dan penempatannya juga penting, mengatur jam berapa dan hari apa yang optimal untuk iklan, apakah iklan kita ingin ditampilkan di Facebook juga, merupakan hal yang harus ditentukan terlebih dahulu.

Pastikan bahwa pengaturan waktu iklan dapat sesuai dengan budget promosi anda ya.

Selain itu, format iklan juga dapat mempengaruhi keberhasilan iklan. Terdapat tiga format yang ditawarkan, bisa dalam format carousel, single image or video, atau collection.

Tentu, setiap format ini memiliki biaya yang berbeda pula.

Format iklan yang berbeda juga menunjukkan tujuan iklan yang berbeda pula.

Contohnya saja, jika anda memilih collection ad, Anda berharap agar audience dapat lebih dimudahkan dalam membeli produk Anda.

Asal tahu saja collection ad memiliki fitur dimana user mampu membeli barangnya langsung lewat iklan tersebut, sehingga omzet penjualan akan meningkat dan traffic orang mengunjungi website anda dapat semakin terlihat.

4. Tampilan iklan harus menarik

Apabila anda merencanakan sesuatu lalu tanpa melakukan apapun yang sudah direncanakan tersebut, maka anda tidak akan mendapat hasil apapun dari rencana itu.

Oleh sebab itulah, setelah iklan direncanakan, maka iklan harus dibuat sesuai rencana tersebut.

Ingat bahwa media sosial Instagram merupakan media sosial yang berbasis visual. Oleh karena itu pastikan iklan anda juga dapat menarik perhatian orang secara visual.

Pastikan agar gambar dan video yang ditampilkan pada iklan sesuai dengan tujuan dan audience target anda.

Pastikan juga agar gambar dan video yang diberikan berkualitas baik, seperti beresolusi tinggi, memiliki pencahayaan yang cukup dan keseimbangan warna yang baik, serta tidak blurry.

5. Jangan menampilkan gambar atau video yang tampak seperti iklan

Jika anda ingin meningkatkan audience engagement dan jumlah klik dari iklan tersebut, maka jangan membuat iklan yang tampak seperti iklan.

Memang awalnya mungkin kalimat ini terkesan membingungkan, namun pada umumnya, orang tidak suka melihat iklan yang terkesan terlalu jujur.

Iklan-iklan yang “terlalu jujur” tersebut memberi kesan bahwa anda sedang “mengejar-ngejar audience” untuk memenuhi tujuan iklan anda.

Audience akan jauh lebih senang dengan iklan yang sama saja seperti promosi organik yang biasa anda buat.

Buatlah agar iklan yang Anda berikan benar-benar memberikan kesan “organik” pada audience anda.

Hal ini penting untuk dilakukan agar kekhasan dan karakteristik dari usaha anda tidak menghilang karena adanya iklan yang jauh berbeda dengan tema posting-an anda sehari-hari.

Bahkan, iklan yang dianggap baik merupakan iklan yang sama sekali tidak terlihat seperti iklan.

6. Gunakan hashtag pada iklan

Layaknya Instagram marketing pada umumnya, maka hashtag sangat berperan penting dalam keberhasilan iklan anda.

Gunakan hashtag yang umum dan yang banyak digunakan orang.

Dengan adanya hashtag yang umum ini, maka engagement orang akan lebih meningkat karena mereka menemukan iklan yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

Anda juga dapat membuat hashtag yang unik dan sesuai dengan tujuan iklan anda.

Sebuah penelitian dari Benjamin Chacon dari Later menyebutkan bahwa sebuah post dengan minimal satu hashtag memiliki kekuatan engagement yang 12,6% lebih besar daripada sebuah post tanpa hashtag satu pun.

7. Libatkan audience pada iklan

Agar anda dapat senantiasa menciptakan iklan yang berkualitas tinggi, maka anda perlu melibatkan audience setia anda.

Jika anda sudah memiliki audience yang jelas, maka secara tidak langsung mereka akan mem-posting hasil potretan mereka yang menggunakan produk anda.

Hal ini dapat memberikan suatu bahan yang sangat berguna bagi iklan anda, karena dengan menggunakan potretan dari audience anda, maka orang akan lebih percaya dengan produk anda.

Kepercayaan orang terhadap produk anda meningkat karena sudah ada orang yang menggunakan produk anda sebelumnya.

Hal ini merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi keberhasilan iklan anda.

Itulah 7 tips sederhana dalam membuat Instagram ads yang baik dan terencana. Dengan berbagai cara tersebut, Ngoolie.id berharap agar anda dapat merencanakan iklan anda dengan matang dan membuat iklan dengan sepenuh hati.

Apabila anda beriklan dengan baik, maka anda dapat mencapai tujuan iklan anda dengan baik, sehingga budget yang anda keluarkan untuk iklan terasa layak untuk dikeluarkan dan tidak terbuang sia-sia. Yuk cerdas beriklan.